//
Anda Sedang Membaca....
Kegiatan RCA

Ujian TKK SMP Negeri I Parakan

RCANews, Temanggung: Setelah melewati tes fisik, mental dan pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) serta masa uji lebih kurang sebulan, maka pramuka penggalang yang terdiri dari kelas VIII siaga putra maupun putri siap dilantik menjadi penggalang terap.

Pelantikan ini dilaksanakan pada, Minggu (26/6) bertempat di Tuk Mulyo, Desa Pandemulyo, Kecamatan Bulu, Temanggung, Jawa Tengah. Sebelum upacara pelantikan digelar Long March dengan rute SMP Negeri I Parakan melewati jalan menuju Desa Pandemulyo. Meski melewati berbagai bentuk rintangan, peserta tetap melaksanakannya dengan penuh semangat.

Kegiatan dimulai pukul 08:00 hari, Sabtu (25/6) bertempat di SMP Negeri I Parakan. Setelah semua peserta yang berjumlah 20 anak datang, dilanjutkan apel pagi dan dilanjutkan dengan ujian tanda kecakapan khusus oleh senior hingga waktu istirahat siang. Setelah istirahat siang semua peserta berkumpul di lapangan guna melaksanakan PBB hingga waktu ashar tiba.

Tepat pukul 15.30 setelah melaksanakan sholat ashar berjamaah, semua peserta dan para Pembina melaksanakan fun game di sore hari, dan permainan tradisional yakni gobag sodor. “Dengan melakukan Permainan gobag sodor ini anak-anak diharapkan dapat mengenal permainan tradisional yang sudah lama tidak dimainkan, dan dapat melestarikan permainan tradisional ini, karena anak anak jaman sekarang lebih menyukai permainan modern.

Malam harinya sekitar pukul 17:45 semua peserta telah berkumpul di lapangan upacara untuk bersiap melaksanakan Long March menuju Desa Pandemulyo. Tepat pukul 20:00 regu pertama yang diketuai Redia Muhammad melaksanakan perjalanan malam dengan penuh semangat.

Sekitar 45 menit kemudian, regu kedua yang diketuai oleh Jihad Gilang menyusul keberangkatan, sementara regu terakhir yang diketuai oleh Royce Goldie, menyusul sekitar pukul 21.30. “Dengan melaksanakan Long March ini kita semua bisa merasakan betapa sulitnya kita mencapai sebuah tempat seperti halnya para pahlawan yang bergerilya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.” ujar Dyah Rahma salah satu peserta.

Sampai di tempat tujuan, regu pertama yang telah sampai terlebih dahulu, istirahat sejenak di Lapangan Desa, sekalgus menunggu regu kedua dan ketiga sampai tempat tujuan. Setelah semua peserta sampai tempat tujuan, kemudian dilaksanakan renungan dan dilanjutkan istirahat malam di Balai Desa Pandemulyo hingga waktu subuh.

Pagi harinya setelah sarapan, dilaksanakan kegiatan permainan sederhana dengan mengitari bukit di sekitar Desa Pandemulyo, dan berakhir di tubuh bukit untuk melaksanakan permainan dan pelatihan fisik dengan mencari Bendera Gugus Depan, dan Bendera WOSM yang disembunyikan oleh senior disekitar bukit bukit tersebut.

Setelah semua peserta menemukan bendera yang disembunyikan, kemudian semua peserta menuruni bukit menuju sumber mata air Tuk Mulyo yang berada di bawah bukit, untuk mencari Bed Regu, Tanda Kecakapan Khusus (TKK), dan Tanda Kecakapan Umum(TKU) Terap di dalam air dan bebatuan sekitar sumber mata air.

Setelah semua peserta menemukan Bed Regu, TKK, dan TKU Terap, maka semua peserta dan para senior beserta pemandu perjalanan dan para Pembina kembali ke Balai Desa untuk membersihkan Balai Desa dan kembali ke SMP N 1 Parakan

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Indonesia Flag

Online Inget Waktu

%d bloggers like this: