//
Anda Sedang Membaca....
Uncategorized

Presiden Minta Ada Standarisasi Pendidik Pramuka

TEMPO Interaktif, Pidie – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan perlunya lisensi dan standarisasi para pendidik dan pembina Pramuka. Hal ini dianggap penting mengingat pramuka merupakan salah satu ajang untuk membangun karakter generasi muda selain sekolah formal. “Tingkatkan kualitas pelatih dan pembina dengan lisensi yang berkualitas. Ini merupakan tuntutan kemajuan jaman,” kata Presiden dalam sambutan pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional VII 2010 di Pidie, Aceh, Selasa (30/11).

Presiden meminta kwartir nasional dapat memberikan fasilitasi kepada para pembina dan memberikan sarana yang mencukupi. Pendidikan kepramukaan kepada generasi muda ini penting karena akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan. Ia berharap pendidikan ini bisa melahirkan generasi muda yang unggul, beraklak mulia dan berdaya saing.
Pemerintah, kata Presiden, juga memiliki komitmen yang tinggi dalam perkembangan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Salah satunya melalui proses revitalisasi kepramukaan dengan penyelesaian Undang Undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. “Pemeritah telah berilkan perhatian revitalisasi gerakan pramuka sejak tahun lalu. Kita arahkan dapat berlangsung efektif sesuai perkembangan jaman,” kata Presiden.
Sebelum mengakhiri pidatonya, Presiden juga mengingatkan agar tetap memegang teguh kesetiakawanan. “Saya ajak saudara semua di era reformasi, satu hal yang tidak boleh luntur, erosi, yaitu kesetiakawanan. Tidak boleh bangsa ini menjadi manusia yang egois dan individualis, tidak punya tenggang rasa. Jaga nilai luhur,” kata Presiden.
Ketua Kuartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan penyusunan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sebagai tindak lanjut pengesahan Undang Undang Pramuka tersebut. Selain itu, kwartir nasional juga sedang mempersiapkan penyusunan praktek pembina kurilulum baru.
Gubernur Nanggroe Aceh Darusalam, Irwandi Yusuf mengatakan perkembangan pramuka Aceh sangat baik dan memiliki prestasi. Beberapa waktu lalu, kata Irwandi, kontingen Aceh sudah beberapa kali diundang di forum internasional. Tahun depan, Aceh juga diundang ke jambore internasional di Swedia.
Irwandi mengatakan fasilitas perkemahan sudah cukup memadai namun memang masih ada sejumlah kekurangan. Irwandi juga menyampaikan minta suntikan dana dari pemerintah pusat untuk pengembangan Pramuka di Aceh.

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Indonesia Flag

Online Inget Waktu

%d bloggers like this: